Home > Inilah Penyebab Daya Baterai Android Cepat Habis

Inilah Penyebab Daya Baterai Android Cepat Habis

Penyebab Daya Baterai Android Cepat Habis – Salah satu bagian terpenting dalam ponsel adalah baterai, apalagi HP terbarru yang sekarang ini banyak beredar di pasaran yang kebanyakan sudah dilengkapi dengan resolusi layar full HD. Jadi bisa dibayangkan, buat apa memiliki ponsel  keren akan tetapi baterainya boros.

Semua pengguna smartphone harusnya tahu, bahwa sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan daya baterai ponsel cepat habis.

Namun perlu ditekankan, bahwa yang akan kita bahas di sini adalah penyebab baterai ponsel boros tapi bukan dikarenakan ada penyebab teknis dari hardware yang memang bermasalah.

Dan berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab baterai android cepat habis atau boros.

Background apps

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background process, apalagi aplikasi-aplikasi yang berjalan tersebut merupakan aplikasi yang terkoneksi dengan internet. Seperti aplikasi perpesanan atau aplikai chat di Android maupun media sosial.

Aplikasi perpesanan atau aplikasi chat

Akhir-akhir ini banyak sekali aplikasi-aplikasi medsos yang menyediakan aplikasi chat gratis, seperti Facebook Messenger, line, BBM, IMO, Whatsapp, dan masih banyak lagi.

Dan berapakah aplikasi perpesanan yang terpasang di HP Android kamu? Dan dalam waktu satu hari, seberapa sering kontak aplikasi perpesanan itu mengirim pesan?

Jika kamu menggunakan aplikasi perpesanan terlalu banyak, kemungkinan itulah yang membuat baterai HP boros atau cepat habis.

Dalam hal ini solusi terbaiknya adalah pasanglah aplikasi chat atau perpesanan yang sewajarnya dan seperlunya saja. Artinya, bila kontak di beberapa aplikasiperpesanan itu relatif sama lalu buat apa memeasang banyak aplikasi perpesanan sekaligus? Yang justru akan membuat ponsel menjadi lemot dan baterai menjadi cepat habis.

Aplikasi media sosial

Saat ini berapakah jumlah aplikasi media sosial yang kamu gunakan? Dan jika kamu terlalu banyak install aplikasi media sosial apakah push notification dari media-media sosial tersebut aktif? Jika ia, mungkin itu juga yang membuat HP Android kamu baterainya cepat habis.

Sebagai solusi agar baterai tidak boros saat digunakan untuk membuka aplikasi medsos kamu bisa menggunakan aplikasi Chrome ataupun Firefox. Sekali keluar dari aplikasi maka notification tidak akan muncul sebagai background process.

Halaman Facebook ataupun Twitter sampai saat ini masih menjadi salah satu media sosial yang masih cukup nyaman diakses menggunakan Chrome maupun Firefox, meskipun ada sedikit perbedaan dalam hal tampilan atau user experience. Namun fungsi dan kegunaannya tetap masih sama. Dengan demikian aplikasi Facebook ataupun Twitter bisa dihapus.

Langkah tersebut di atas bukan hanya akan menghemat baterai saja, akan tetapi juga bisa menekan konsumsi data. Kuota internet jadi lebih irit.

Sedangkan untuk media sosial yang hanya bisa diakses lewat aplikasi saja akan tetapi memang betul-betul sangat diperlukan, mau tidak mau tetap harus terpasang. Akan tetapi sebaiknya jangan menggunakan aplikasi terlalu banyak agar baterai tetap irit.

Penggunaan wallpaper dan juga widget

Selain beberapa hal di atas, salah satu penyebab baterai Android cepat habis adalah penggunaan wallpaper berwarna cerah, ataupun wallpaper bergerak.

Bahkan bukan hanya itu saja, widget di homescreen juga mengonsumsi daya baterai. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah wallpaper diam atau statis yang warnanya sedikit agak gelap serta mencopot widget-widget yang kurang atau tidak penting.

Solusi agar baterai andoroid bisa awet

Solusi untuk menghemat baterai andoroid bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Greenify.

Kegunaan Greenifi ini bisa berfungsi menyetel aplikasi masuk ke modus hibernasi pada saat aplikasi itu tidak digunakan. Jadi aplikasi Greenifi bisa mencegah aplikasi yang beraktifitas di background process, sehingga daya baterai android bisa menjadi lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *